Kumpulan Ucapan Hari Anak Sedunia 2019/2020

Kumpulan Ucapan Hari Anak Sedunia 2019/2020 - Tak hanya ada hari spesial untuk Ayah dan Ibu, Indonesia bahkan dunia juga memiliki Hari Anak sedunia untuk dirayakan. Hari ini dirayakan dalam rangka sebagai peringatan untuk menghargai hak-hak anak di seluruh dunia, mengingat banyak sekali kasus mengerikan seperti kekerasan dan pelecehan yang menimpa mereka. Meski telah memiliki undang-undang tersendiri serta diawasi oleh badan hokum, namun kasus-kasus tersebut tetap saja meningkat setiap tahunnya sehingga menjadi momok menakutkan bagi mereka.

Dikenal sebagai Children’s Day dalam bahasa Inggris, Hari Anak Sedunia diperingati setiap tanggal 20 November dan dirayakan seluruh dunia. Namun di Indonesia sendiri, pemerintah juga telah menetapkan hari anak nasional sendiri yang diperingati setiap tanggal 23 Juli. Penetapan hari anak nasional ini merupakan prakarsa dari Presiden RI pertama yaitu Soekarno yang menganggap bahwa anak-anak adalah aset berharga yang harus dijaga bagi kemajuan bangsa.



Dengan kata lain, sebenarnya tujuan dirayakannya Hari Anak Sedunia adalah karena anak merupakan aset serius suatu bangsa sehingga pendidikan serta pengasuhannya pun dilakukan sebaik mungkin agar dapat meningkatkan nilai mutu anak di masa akan datang. Pola pendidikan yang diberikan kepada anak pun haruslah pendidikan yang mengandung nilai-nilai kerja keras, sikap dan sifat optimisme, karakter kuat yang tahan banting dari segala keadaan, punya nilai moral yang mengagumkan serta berani bersaing secara sportif dengan rekan lain.

Bila nilai-nilai itu ditanamkan dengan baik pada diri anak-anak, maka bukan tidak mungkin suatu bangsa akan maju di kemudian hari karena mewariskan pemimpin-pemimpin masa depan dengan value luar biasa seperti yang disebutkan.

Oleh karena dirayakan seluruh dunia, maka Perayaan Hari Anak Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 November tersebut ternyata memiliki ciri khas serta unik untuk setiap Negara di dunia, lho.

Misalnya adalah di Korea Utara, setiap Hari Anak Sedunia datang, anak-anak akan berparade menggunakan kostum-kostum lucu di Mangyongdae School of Children’s Palace, Pyongyang. Kegiatan itu tak jauh berbeda dengan bila Anda berada di Mongolia. Anak-anak disana akan dirias dengan kostum-kostum menarik seperti badut.

Sementara itu, di Jepang punya kebiasaan khusus yakni keluarga yang memiliki anak laki-laki akan dibagikan layang-layang berbentuk ikan. Lebih dari itu, di Indonesia sendiri Hari Anak diperingati dengan begitu meriah misalnya saja dengan mengadakan berbagai kegiatan atau lomba-lomba yang menarik hati mereka seperti lomba menggambar, pentas seni serta kreativitas anak.

Begitu mendunia serta mulianya diadakan hari spesial ini, maka admin akan membantu Anda memperingati Hari Anak Sedunia melalui serentetan ucapan sederhana yang mungkin saja nampak tidak berarti namun sebenarnya bisa mengetuk hati setiap orang agar menyayangi anak-anak secara tulus dan tidak memperlakukannya lagi dengan kejam.

Admin telah menyiapkan sejumlah ucapan dan kata-kata nan bijak untuk digunakan sebaik mungkin dengan kepentingan positif.  Berikut beberapa contoh quote ucapan selamat Hari Anak sedunia yang mengandung kalimat penuh semangat serta motivasi. Berikut contoh-contoh kalimat-nya!

“Anak-anak adalah pelita yang dengannya bergantung segala kasih dan harapan orang tua. Selamat Hari Anak Sedunia!”

“Selamat Hari Anak Sedunia! Selain tingkah laku yang baik, hal-hal terbaik yang bisa Anda berikan kepada anak-anak Anda sebagai bekalnya di dunia adalah sebuah kenangan yang indah”

“Jadilah anak yang baik, cerdas, sopan-santun serta menyayangi sesame makhluk Tuhan. Selamat Hari Anak Sedunia!”

“Selamat Hari Anak Sedunia! Sebuah bangsa akan besar apabila memiliki sikap besar dalam menjaga serta merawat anak-anak sebagai generasi penerus di masa depan”

“Sementara kita berusaha mengajari anak-anak kita akan pelajaran tentang hidup, anak-anak kita mengajari kita apa kehidupan itu sendiri. Selamat Hari Anak Sedunia buat semua anak yang luar biasa”

“Dukung selalu bakat dan potensi setiap anak karena masing-masing mereka sangat berharga. Selamat Hari Anak Sedunia!”

“Anak tidak hanya tumpuan setiap keluarga, namun juga menjadi asa tanpa putus bagi suatu bangsa. Selamat Hari Anak Sedunia!”

“Mari jaga dan didik anak-anak kita sebaik-baiknya agar mereka bisa bermanfaat bagi siapa saja nantinya. Selamat Hari Anak Sedunia, ya!”

“Pengorbanan paling dalam bagi setiap orang tua adalah melihat anak-anaknya tumbuh menjadi generasi penerus yang unggul untuk melanjutkan cita-cita bangsa. Selamat Hari Anak Sedunia!”

“Selamat Hari Anak Sedunia! Semoga kekerasan terhadap anak-anak bisa dihentikan dan dimusnahkan dari muka bumi”

“Sebagai harapan masa depan peradaban manusia, selamat Hari Anak Sedunia bagi seluruh anak-anak yang lahir menjadi buah hati kebanggaan orang tuanya”

“Anak-anak adalah tongkat estafet perjuangan bangsa selanjutnya. Selamat Hari Anak Sedunia!”

“Selamat Hari Anak Sedunia! Mendidik anak-anak secara baik dan benar merupakan sebuah cara mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh orang-orang terdahulu kita”



Begitu pedulinya semua orang dengan anak-anak sehingga ada beberapa tokoh yang mengeluarkan pemikiran dan kata-kata bijaknya tentang pentingnya mendidik anak-anak. Diharapkan kata-kata dan pemikiran mereka bisa dijadikan cambuk serta renungan bagi orang tua agar memperlakukan anak-anak mereka lebih baik.


1. Harry S. Truman

“Cara paling baik dalam menasihati anak-anak adalah dengan mencari tahu apa yang mereka inginkan kemudian nasehati mereka bagaimana melakukannya”

2. James Baldwin

“Anak-anak tidak pernah mau dalam mendengarkan orang yang lebih tua. Namun mereka tidak pernah gagal ketika meniru orang yang lebih tua”

3. John F. Kennedy

“Seorang anak yang telah dididik dengan cara yang salah maka ia adalah anak yang tersesat”

4. Pablo Picasso

“Seorang anak adalah seniman. Masalahnya adalah bagaimana membuatnya tetap menjadi seniman hingga mereka dewasa”

5. Bill Cosby

“Manusia adalah satu-satunya makhluk hidup di bumi yang memperbolehkan anak-anaknya pulang kembali”

6. Denis Breeze

“Satu-satunya pelajaran akhlak paling penting dan cocok bagi anak-anak untuk kehidupan mereka adalah jangan pernah melukai siapapun”

7. Carolyn Coats

“Anak-anak lebih butuh sebuah contoh daripada sebuah kritik. Seseorang pernah berkata bahwa apabila seorang anak diam maka itu berarti bahwa ia menyesal telah melakukan kesalahan”

8. Harry Edwards

“Kita harus mendidik anak-anak kita agar bermimpi dengan mata terbuka”

9. Jesse Jackson

“Anak-anak Anda lebih membutuhkan kehadiran Anda daripada hadiah Anda”

10. Victor Hugo

“Ada banyak ayah di dunia ini yang tidak mencintai anak-anaknya, namun tak ada seorang pun kakek yang tidak mengagumi cucu-cucunya”

11. Franklin P. Jones

“Anda bisa belajar banyak hal dari seorang anak, misalnya saja seberapa besar kesabaran Anda”

12. Dogen

“Anda harus belajar tidak hanya karena Anda akan menjadi ibu saat anda melahirkan, namun juga oleh karena Anda menjadi anak kembali”


Demikianlah beberapa quote ucapan selamat untuk Hari Anak Sedunia sebagai wujud harapan Anda untuk semua anak di masa depan. Pemberian quote-quote seperti ini juga dapat menjadi bentuk kepedulian Anda bagi perlindungan serta pemenuhan hak asasi anak-anak dengan tujuan agar mereka bisa menjadi generasi penerus yang kreatif, cerdas, sehat, jujur, berkualitas, tangguh dan yang jelas berakhlak mulia.

0 Response to "Kumpulan Ucapan Hari Anak Sedunia 2019/2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel