Kumpulan Ucapan Hari Batik Nasional 2019/2020

Kumpulan Ucapan Hari Batik Nasional 2019/2020 - Ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangibel Heritage of Humanity) oleh UNESCO tepat pada tanggal 2 Oktober 2009 membuat pemerintah mengumumkan bahwa pada tanggal tersebut Indonesia akan merayakan Hari Batik Nasional setiap tahunnya.

Setiap tanggal 2 Oktober datang, beragam elemen masyarakat dari pelajar, pejabat pemerintah hingga pegawai BUMN disarankan untuk memakai batik. Seperti diketahui, batik merupakan hasil kreasi bangsa Indonesia yang telah menjadi ciri khas, simbol serta identitas bagi masyarakat bumi pertiwi dan harus dilestarikan sepanjang masa agar tidak tergerus oleh waktu dan zaman. Batik ini merupakan kain asli dari Indonesia asli.

Batik memiliki corak yang menarik, vintage dan memiliki filosofi tersendiri yang dalam. Ada banyak model batik tergantung masing-masing daerah di Indonesia. Misalnya batik Jawa, berbeda dengan batik batak, jawa barat, sumatera, bali, jawa timur, atau nusa tenggara. Masing-masing batik tersebut memiliki “kisah” dengan corak tertentu yang unik, variatif, serta tentu saja berbeda satu sama lainnya.



Sebagai ikon Indonesia, kita patutnya berbangga akan ditetapkannya batik sebagai warisan budaya UNESCO. Alasannya adalah karena tidak semua bangsa memiliki kekayaan budaya seperti yang kita miliki. Setiap Negara memiliki warisan budaya yang berbeda dan kita pun sama. Oleh karena itu, memperkenalkan batik sebagai ciri khas dan identitas Indonesia merupakan hal wajib untuk dilakukan agar negara-negara lain yang belum mengetahui batik adalah milik kita menjadi tahu bahwa batik adalah identitas khas Indonesia yang tidak bisa diganggu gugat. 

Keberadaan batik yang sudah diakui oleh dunia internasional tersebut tentunya dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, memakai pakaian bermotifkan batik pun sebenarnya bukanlah sesuatu yang kuno dan tidak sesuai zamannya. Sebagai masyarakat Indonesia tentu saja kita harus mendukung pemerintah yang berusaha untuk mengembangkan produk-produk lokal agar lebih mendunia, misalnya batik agar tetap lestari sepanjang masa.

Salah satu cara mengembangkannya adalah memodernisasikan gaya batik dengan desain terbaru masa kini. Upaya ini tentu saja memiliki alasan yang jelas yakni agar batik dapat dinikmati oleh para kawula muda yang cenderung menyukai gaya berpakaian modern. Sebagai warisan budaya, para pelaku dunia fashion bisa tetap mempertahankan desain dan corak khas batik yang klasik namun tambahkan juga sentuhan modern ke dalam pembuatannya misalnya bentuk dan jenis-jenis pakaian. 

Contohnya saja batik dalam bentuk kemeja formal, kemeja biasa, kaos untuk santai, pakaian pesta, dan sebagainya. Dengan memaduragamkan batik, bukan tidak mungkin batik akan menjadi trend setter di kalangan anak muda dengan gaya dan pilihan fashion-nya masing-masing sehingga mereka tidak malu lagi memakai batik.

Oleh karena itu, untuk memperingati Hari Batik Nasional, berikut disajikan beberapa kumpulan quote atau ucapan tentang hari spesial tersebut yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai caption instagram, status facebook, twitter serta sebagai ucapan formal atau resmi lainnya. Anda dapat mengucapkannya kepada teman-teman media sosial Anda maupun rekan-rekan dalam lingkaran sosial Anda baik secara langsung maupun lewat pesan singkat. Berikut beberapa contohnya.


Ajakan untuk mencintai dan merawat batik sebagai identitas, kebanggan, budaya dan warisan leluhur

“Selamat Hari Batik Nasional. Mari jadikan momentum ini sebagai hari dimana kita berbangga hati dengan budaya kita, identitas kita serta kebanggaan kita”

“Selamat Hari Batik Nasional! Sebagai identitas asli Indonesia, yuk pakai batik dalam berbagai kesempatan”

“Mari cintai batik serta budaya kita yang kaya dan beragam itu. Selamat Hari Batik Nasional untuk semua orang Indonesia yang bangga akan identitasnya”

“Batik adalah keindahan. Batik adalah kebanggaan kita. Jaga dan rawat ia seperti kita merawat bangsa ini. Selamat Hari Batik Nasional, Indonesia!”

“Selamat Hari Batik Nasional! Merawat batik sama halnya dengan merawat peradaban dan warisan nenek moyang. Tak ada yang bisa membuat kita bangga selain pusaka leluhur yang tetap terjaga sampai kapanpun”

“Jangan malu menggunakan batik, karena batik adalah identitas kita. Siapa anak muda yang menggunakan batik maka ia adalah generasi berjiwa nasionalisme yang dibutuhkan bangsa ini. Selamat Hari Batik Nasional untuk semua generasi muda Indonesia”

“Cintai produk dalam negeri yang kita punya termasuk di dalamnya adalah batik. Mari lestarikan warisan leluhur. Selamat Hari Batik Nasional”

“Happy Batik’s Day!  Mari tunjukkan bahwa Indonesia memiliki budaya lokal yang menarik di mata dunia”

“Selamatkan Hari Batik Nasional! Selamatkan batik sebagai budaya warisan bangsa”

“Yuk mencintai produk dan budaya lokal kita. Kalau bukan kita, siapa lagi bukan? Selamat Hari Batik ya!”

“Selamat Hari Batik Nasional! Mari cintai batik dengan tulus dan sepenuh jiwa”

“Budaya bangsa yang akan terus terjaga serta lestari. Itu adalah batik. Selamat Hari Batik Nasional!”

“Selamat Hari Batik Nasional! Kami bangga berbatik sepanjang hari”

“Jangan lupa tanggal 2 Oktober Hari Batik Nasional. Mari lestarikan batik!”

“Selamat Hari Batik Nasional, orang Indonesia! Bangsa yang luar biasa adalah bangsa yang selalu menghargai kekayaan bangsanya sendiri serta melestarikan apa saja yang sudah diperjuangkan nenek moyang”

“Bersama batik, Anda bisa tampil cantik dan mengesankan. Selamat Hari Batik Nasional!”

“Selamat Hari Batik Nasional! Aku bagikan beribu kisah serta sejuta cinta untuk batik nasional di hari spesial ini”

“Batik penuh dengan seni dan filosofi yang indah. Siapa yang suka dengan seni maka pasti suka batik. Selamat Hari Batik Nasional, ya!”


Ajakan untuk menyukai dan menggunakan batik

“Pakailah batik terbaik dan yang paling kamu sukai, karena hari ini adalah Hari Batik Nasional”

“Selamat Hari Batik Nasional! Batik secara resmi sudah diakui sebagai warisan budaya dunia. Namun, mengapa kita malu menggunakannya?“

“Jangan lupa pakai batik hari ini, ya! Ayo lestarikan identitas sejati kita sebagai bangsa Indonesia dengan menggunakan batik kebanggaan. Selamat Hari Batik, people!”

“Selamat Hari Batik Nasional! Yuk pakai batik karena itu berarti bahwa Anda peduli untuk menjaga budaya bangsa”

“Tak sekedar bangga, tunjukkan rasa banggamu terhadap batik karena dunia telah mengakui bahwa batik adalah kepunyaan kita. Happy Batik’s Day!”

“Selamat Hari Batik Nasional! Jika bukan Anda dan saya yang menjaga warisan budaya ini, lalu siapa lagi?”

“Pakai batik saja terlihat elegan dan anggun. Untuk apa memakai busana barat. Selamat Hari Batik Nasional untuk semua”

“Selamat Hari Batik Nasional! Warnai Indonesia dengan memakai batik”

“Bangga selalu memakai batik karena batik merupakan refleksi bermacamnya budaya di Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional!”

“Selamat Hari Batik Nasional! Batik penuh dengan filosofi Indonesia yang unik, kaya dan mengagumkan. Jadi, jangan lupa pakai batik hari ini!”


Dari beberapa kata bijak di atas, semoga dapat menjadikan kita sebagai sebuah negara yang selalu menghargai kekayaan sendiri. Selain itu, dengan quote –quote tersebut dapat membantu menyiarkan batik sebagai identitas nasional yang harus dilestarikan dan layak diperjuangkan oleh kita. Tak hanya sekedar kata-kata, quote-quote yang memiliki makna mendalam juga dapat membantu menyadarkan siapapun yang kita kenal untuk mempercantik diri menggunakan batik sebagai ikon nasional.

0 Response to "Kumpulan Ucapan Hari Batik Nasional 2019/2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel