Kumpulan Ucapan Hari Pramuka 2019/2020

Kumpulan Ucapan Selamat Hari Pramuka 2019/2020 - Tahukah anda bahwa tiga hari menjelang kemerdekaan, yakni pada tanggal 14 Agustus Indonesia juga memiliki hari special untuk dirayakan yakni Hari Pramuka? Ya! Sebagai informasi, gerakan pramuka pertama kali diadakan pada tanggal 14 Agustus 1961 dengan banyak pertimbangan matang. Gerakan yang disingkat sebagai Praja Muda karana ini memiliki makna sebagai “orang muda yang suka berkarya”. Gerakan ini dibentuk dengan tujuan sebagai wadah penyaluran kreatifitas serta bakat dalam berpetualang bagi para generasi muda.

Sebelum dikenal di Indonesia, sebenarnya pramuka sudah berkembang jauh dahulu di Inggris. Di negeri Ratu Elizabeth itu, pramuka didirikan lewat pembinaan remaja yang dilakukan oleh Lord Robert Baden Powell of Gilwell atau lebih dikenal sebagai Baden Powell. Diketahui Powell sudah memiliki banyak pengalaman yang berpengaruh terhadap setiap kegiatan dalam Pramuka, misalnya saja keterampilan berlayar, berkemah, berenang, bahkan mengalahkan kerajaan Zulu di Afrika.




Anak-anak Pramuka di seluruh dunia dapat membaca pengalaman-pengalamannya tersebut dalam sebuah buku yang berjudul “Aids to Scouting”. Buku inilah yang menjadi panduan bagi tentara muda Inggris dalam melaksanakanan tugasnya bahkan pimpinan Boys Brigade Inggris meminta Powell secara khusus untuk melatih para anggotanya. Lebih lanjut, pada tahun 1908, Powell kembali menelurkan sebuah buku yang menjadi dasar kepramukaan yang berjudul “Scouting for Boy”. 

Buku ini sangat terkenal karena berisi tentang pengalamannya tentang latihan kepramukaan. Oleh karena buku ini sangat bermanfaat maka sangat cepat menyebar ke seluruh negara lain termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, pramuka diperkenalkan oleh pemerintah Belanda dengan nama awal Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO) yang kemudian berubah menjadi Nederlands Indische Padvinders hingga pada tahun 1916, S.P. 

Mangkunegara VII membuat sendiri organisasi kepanduan ini tanpa campur tangan pemerintah Belanda. Organisasi kepanduan ini diberi nama Javaansche Padvinders Organisatie (JPO). Meski pada zaman kependudukan Jepang, organisasi ini dilarang namun pada September 1945 para tokoh gerakan kepanduan Indonesia berkumpul melakukan kongres sehingga terbentuklah Pandu Rakyat Indonesia sebagai cikal bakal Gerakan Pramuka Indonesia.

Seperti diketahui, gerakan pramuka merupakan sebuah gerakan pendidikan non-formal yang dilakukan di luar ruangan dan lebih sering di lingkungan yang alami seperti hutan, lapangan luas dan bumi perkemahan. Nmaun seperti halnya pendidikan formal Pramuka juga memiliki tingkatan atau kelas berdasarkan tingkat umur dan jenjang pendidikan. Pada tingkat SD, anak-anak usia 7 hingga 10 tahun masuk dalam kategori ini yaitu kategori pramuka siaga yang harus sangat siaga dalam segala situasi dan keadaan. 

Selanjutnya, rentang usia 11 hingga 15 tahun merupakan golongan gerakan pramuka penggalang. Usia ini setara dengan usia anak-anak SMP. Untuk usia anak-anak SMA dari 16 hingga 20 tahun, kelompok gerakan pramuka-nya disebut sebagai kelompok pramuka penegak. Bagi Anda yang memiliki usia setara dengan perguruan tinggi yakni usia 21 hingga 25 tahun, maka kelompok gerakan pramuka-nya dikenal sebagai kelompok pandega.

Selain berbagai kelompok gerakan pramuka di atas, pramuka juga memiliki kelompok lain seperti Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir, dan Majelis Pembimbing. Meski gerakan pramuka merupakan pendidikan non-formal namun konsep-konsep yang diajarkan dalam pramuka juga tak kalah penting dan menariknya dibandingkan dengan pendidikan formal, lho. Dalam pramuka, anak-anak akan diajarkan bagaimana melakukan kerjasama dan tata caranya, melatih kemandirian setiap anggota, toleransi antar masing-masing anggota dan lain-lain. 

Oleh karena itu, untuk memperingati Hari Pramuka, berikut disajikan beberapa kumpulan quote atau ucapan tentang hari spesial tersebut yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai status twitter, caption instagram, status facebook, telegram atau status line. Anda juga dapat mengucapkan quote ucapan selamat kepada teman-teman media sosial Anda maupun rekan-rekan dalam lingkaran sosial Anda baik secara langsung maupun lewat pesan singkat. Berikut diberikan contoh-contoh ucapannya.



“Selamat Hari Pramuka. Mari wujudkan bangsa yang memiliki karakter kuat serta bermartabat lewat gerakan pramuka”

“Hujan lebat dihasilkan dari mendung gelap. Namun, sinar matahari akan melenyapkannya tanpa bekas. Teruslah berjuang dan tidak kehilangan harapan. Selamat Hari Pramuka”

“Salam Hari Pramuka! Pramuka telah mengajarkan kebersamaan, kemandirian, jiwa korsa, kedisiplinan, serta semangat pantang menyerah”

“Bangkit setelah jatuh adalah sukses paling besar yang diajarkan gerakan pramuka. Selamat Hari Pramuka, all!”

“Bersama membangun Indonesia. Pantang menyerah. Satyaku kudarmakan. Dan darmaku kubaktikan. Selamat Hari Pramuka”

“Selamat Hari Pramuka. Di hari yang bahagia ini, cobalah resapi jiwa pramuka, selalu bahagia dan pantang putus asa”

“Satu pramuka untuk satu bangsa. Hidup Pramuka. Salam Hari Pramuka”

“Inilah wadah penggemblengan generasi masa depan pancasila yang nasionalisme dan beretika. Selamat Hari Pramuka, people!”

“Karena aku Pramuka maka aku akan berkorban tanpa sisa. Selamat Hari Pramuka, ya!”

“Salam Pramuka! Aku bangga menjadi pramuka. Selamat Hari Pramuka!”

“Pantang menyerah, putus asa dan selalu bahagia. Itulah pramuka yang sebenarnya. Selamat Hari Pramuka!”

“Selamat Hari Pramuka! Semoga dari gerakan pramuka lahir calon pemimpin bangsa yang tangguh, jujur, dan kuat di masa akan datang”

“Jayalah selalu Pramuka. Lahirkan tunas-tunas muda yang dapat membawa bangsa ini lebih baik di masa depan. Selamat Hari Pramuka!”

“Selamat Hari Pramuka untuk semua insan pramuka yang luar biasa”

“Wujudkan pemuda-pemuda berkarakter dan bermartabat lewat gerakan pramuka. Salam Hari Pramuka!”

“Selamat Hari Pramuka! Ciptakan suasana kekeluargaan, cinta tanah air, dan saling hormat menghargai merupakan jiwa pramuka”

“Kejujuran yang dimiliki anggota Pramuka dapat menjadi modal pemimpin bangsa masa depan. Selamat Hari Pramuka!”

“Selamat Hari Pramuka untuk semua! Yuk membangun bangsa dengan semangat Pramuka yang jujur, setia, pantang menyerah dan putus asa serta terus semangat dalam berkarya”

“Pramuka adalah wadah nasionalisme. Pramuka adalah kawah patriotisme. Pramuka adalah tempat semua pemuda Indonesia yang inspiratif berkumpul. Selamat Hari Pramuka”

“Selamat Hari Pramuka buat para pemuda harapan pertiwi serta nusantara. Di lehermu ada merah putih melingkar tanda kecintaan kepada negara dan bangsa”

“Pramuka adalah cerminan akhlak nan mulia serta semboyan penuh makna tanpa syarat. Selamat Hari Pramuka”

“Ingatlah dasar-dasarmu wahai Pramuka. Selamat Hari Pramuka untuk semua anak-anak Pramuka seluruh Indonesia”

“Bukan seragam yang membesarkan pramuka. Bukan pula pangkat yang ada di pundak. Namun raga dan hati pramuka akan mengantar menjadi tunas muda yang tumbuh berkembang seperti pohon kelapa yang bermanfaat bagi banyak orang. Selamat Hari Pramuka, ya!”

“Selamat Hari Pramuka untuk pejuang tangguh tak kenal lelah. Sahabat alam nan setia. Itulah Pramuka”

“Tetaplah bertunas. Tetaplah bersinar. Tetaplah tumbuh seperti pohon kelapa yang menjulang tinggi. Tetaplah menjadi pramuka jiwa dan raga. Praja Muda Karana. Salam Hari Pramuka!”

“Selamat Hari Pramuka untuk kakak-kakak Pramuka di tanggal 14 Agustus ini. Semoga selalu menjadi perekat negara”

“Disiplin. Tangkas. Terampil. Itulah Pramuka Indonesia. Maju terus Gerakan Pramuka. Selamat Hari Pramuka”

“Selamat Hari Pramuka buat Indonesia! Cipta dan galang persatuan pemuda-pemudi Indonesia sebagai generasi tangguh masa kini yang dibutuhkan bangsa lewat gerakan pramuka”

“Bangsa yang hebat adalah bangsa yang memiliki pemuda berkarakter, mandiri, bermoral serta bermartabat. Selamat Hari Pramuka!”

“Jiwa pahlawan tetap hidup dalam kobaran semangat anak-anak pramuka. Terus semangat dan berjuang untuk menjadi harapan bangsa dikemudian hari. Salam Hari Pramuka”

“Selamat Hari Pramuka! Banyak wajah pemimpin dunia dilahirkan dari kepribadian pramuka”

“Menjadi pribadi tegas dan berwibawa adalah tujuan pramuka. Selamat Hari Pramuka, ya!”

“Pramuka adalah warisan dunia, tidak hanya milik Indonesia. Jaga nilai-nilai luhur pramuka. Salam Hari Pramuka buat seluruh anak-anak Indonesia”

“Mental tangguh dan jiwa yang kuat layaknya petarung hutan. Begitulah pramuka bermental baja. Selamat Hari Pramuka untuk semua!”

“Kesetaraan adalah hal paling penting dan utama dalam pramuka tak perlu seberapa tinggi pangkat seseorang. Selamat Hari Pramuka, people!”


Demikianlah beberapa kata bijak serta ungkapan tentang gerakan pramuka yang sangat cocok dijadikan quotes ucapan selamat Hari Pramuka. Memberikan serta mengucapkan quote sederhana seperti itu setidaknya merupakan bentuk kepedulian Anda terhadap gerakan pramuka yang sudah berusia lebih dari setengah abad lainnya. 

Dengan quotes tersebut, anak-anak akan tergerak hatinya untuk mengikuti gerakan pramuka sementara itu orang dewasa akan paham betapa pentingnya memiliki semangat, pantang menyerah dan putus asa, riang dan bahagia, jujur, mandiri, disiplin, dapat dipercaya serta menyayangi bumi melalui gerakan pramuka.  Salam Pramuka! Semoga gerakan pramuka selalu jaya, tangguh dan para generasinya mewarisi sikap dan cerminan sikap-sikap luhur pramuka.

0 Response to "Kumpulan Ucapan Hari Pramuka 2019/2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel