Kumpulan Ucapan Lebaran Idul Fitri 2019/2020

Kumpulan Ucapan Lebaran Idul Fitri 2019/2020 - Hari raya Idul Fitri merupakan salah satu hari raya terbesar umat Islam yang dirayakan secara serempak di seluruh dunia. Setelah sebulan penuh berpuasa Ramadhan, umat Muslim menyambut hari kemenangan nan fitri yang dikenal sebagai Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1 Syawal. Oleh karena hari raya ini tergantung pada penanggalan Hijriyah maka perayaannya pun setiap tahun berubah-ubah jika dilihat pada Kalender Masehi.

Sebagai hari kemenangan, Idul Fitri diperingati secara meriah tak hanya Indonesia bahkan di seluruh dunia dimanapun umat Islam berada. Bagaimana tidak meriah? Hari Raya Idul Fitri menandakan bahwa umat Islam sudah memasuki fase pembebasan diri dari dosa pada hari nan suci setelah selama sebulan digembleng untuk menahan diri dari segala kegiatan hawa nafsu dan aktivitas yang menimbulkan dosa. 



Misalnya nafsu makan, minum, hubungan suami istri hingga menahan diri dari nafsu amarah. Oleh karena itulah ketika hari raya datang, seluruh umat Islam saling memaafkan satu sama lain agar tak ada lagi janggalan dalam hati kita dan hati orang lain atas perbuatan masing-masing di masa lalu yang menimbulkan amarah dan sakit hati pada diri sendiri dan orang lain.

Selain merayakan dengan meriah di rumah masing-masing, satu hal yang khas dari Hari Raya Idul Fitri adalah ucapan selamat Idul Fitri yang diucapkan kepada rekan-rekan dan handai taulan. Bila di rumah, semua penghuni rumah biasanya bisa langsung saling menjabat tangan dan memohon maaf secara langsung misalnya antara anak dan kedua orang tuanya agar bisa mendapatkan maaf dan ridho dari mereka. 

Di samping itu, seseorang yang merayakan Idul Fitri juga umumnya meminta maaf dan bersilaturrahmi kepada tetangga, sanak saudara dan kerabat terdekat. Meski biasanya setiap perayaan Idul Fitri ditandai dengan makan-makan besar sekeluarga dengan menu-menu khusus khas lebaran di daerah itu, tetap saja hal paling inti dan penting dari perayaan ini adalah permohonan saling memaafkan satu sama lain.

Jika dengan tetangga, saudara dan kerabat terdekat bisa langsung saling merayakan Idul Fitri lalu bagaimana dengan kerabat jauh atau sahabat-sahabat yang berbeda kota dan jauh jaraknya? Bagaimana cara merayakannya? Bukankah jarak akan menjadi kendala besar sehingga kita tidak bisa melakukannya secara langsung? Eits, jangan salah! Canggihnya zaman modern sekarang ini dapat meleburkan jarak menjadi sangat dekat. 

Berbeda dengan zaman dahulu, sekarang ini untuk menghubungi orangtua atau keluarga atau sahabat yang berbeda kota pun sangatlah mudah. Anda dapat langsung melihat mereka lewat video call, skype atau kalau tidak mendengar suaranya pun bisa secara langsung lewat telepon minimal saling menanyakan kabar dan mengucapkan Hari Raya Idul Fitri melalui pesan singkat.

Oleh karena perayaan Idul Fitri merupakan hari besar yang tidak boleh dilewatkan sedikit pun, maka mengucapkan selamat dan meminta maaf satu sama lain saat Idul Fitri lewat media komunikasi menjadi sangatlah penting untuk orang-orang yang berbeda tempat tinggal atau jarak satu sama lain terlalu jauh. Nah, berikut akan diberikan kumpulan ucapan atau quotes yang bisa dijadikan referensi ketika memberikan ucapan selamat Idul Fitri kepada kerabat dan sahabat yang jauh dari kita.



“Selamat Hari Raya Idul Fitri! Taqabbalallahu minna wa mingkum. Semoga Allah menerima semua amalan kita di bulan Ramadhan kemarin”

“Semoga Allah menjadikan kita insan istiqomah dan konsisten dalam menjalankan Ibadah serta melakukan kebaikan setelah Ramadhan. Selamat Hari Raya Idul Fitri!”

“Tangan tak mampu bersalam. Kaki pun tak dapat melangkah lebih jauh. Jarak daratan dan lautan memisahkan kita. Namun hati dapat berbisik untuk memohon maaf satu sama lain. Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi semua teman, ya!”

“Salah dan silap adalah sifat dasar manusia. Maaf adalah sebuah kewajiban yang harus dijalankan. Tujuannya adalah kembali lagi ke fitrah sebagai manusia yang suci seperti bayi yang baru lahir. Selamat Hari Raya Idul Fitri!”

“Selamat Hari Raya Idul Fitri. Saya ucapkan maaf yang setulus-tulusnya atas segala perkataan dari lisan yang tidak terjaga, hati yang sering berprasangka negatif, serta janji yang terkadang tidak bisa dipenuhi”

“Mohon maaf lahir dan batin atas segala kata yang sering berdusta disengaja atau tidak, tingkah yang terkadang menorehkan. Selamat Hari Raya Idul Fitri!”

“Selamat Hari Raya Idul Fitri Meski jarang terbentang membatasi namun setidaknya kata-kata masih bisa terucap dengan lancar”

“Seringkali dendam membuat kita sulit ikhlas dan lepas dalam memberi maaf. Selamat Hari Raya Idul Fitri! Saatnya untuk melepas segala dendam dan sakit hati agar hati bisa damai kembali”

“Selamat Hari Raya Idul Fitri! Takbir kemenangan telah berkumandang di seluruh Indonesia. Saatnya menyambut hari yang berkah ini dengan hati yang suci. Mohon maaf lahir dan batin semua”

“Dengan ketulusan hati yang tidak terkira, yuk kita sebarkan senyuman serta serta saling memaafkan satu sama lain. Selamat Hari Raya Idul Fitri!”

“Selamat Hari Raya Idul Fitri! Ingatlah masih banyak orang yang kekurangan di dunia ini. Dengan niat yang tulus, mari sebarkan senyuman tertulus kita serta meminta maaf satu sama lain”

“Ramadhan yang mulia telah berlalu. Sekarang saatnya ujian yang sesungguhnya dihadapi. Awali dengan niat tulis ikhlas serta jiwa yang suci. Selamat Hari Raya Idul Fitri dan mohon maaf lahir batin bagi semua!”

“Selamat Hari Raya Idul Fitri! Taqabbalallahu minna wa mingkum. Minal aidzin wal faidzin. Satukan tangan, satukan hati, satukan jiwa. Di hari yang fitri, mari bersilaturahmi”

“Idul fitri serupa lentera. Cahayanya menerangi hati yang gelap, menembus jiwa yang suci kembali lagi fitrah. Selamat Hari Raya Idul Fitri! Mohon maafkan segala khilaf selama ini”

“Selamat Hari Raya Idul Fitri! Ramadhan telah berlalu membasuh hati dan jiwa yang hitam oleh hawa nafsu dan dunia. Saatnya kembali kepada Sang Maha Rahman yang ampunanNya seluas langit dan bumi”

“Lapangkan hati di hari nan fitri. Agungkan asma-Nya dengan sebenar-benarnya. Ibadahlah dengan sungguh-sungguh mulai dari sekarang. Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk semua!”

“Selamat Hari Raya Idul Fitri! Sering-seringlah kumandangkan takbir, tahmid dan tasybih di hati pada hari ini karena ampunan-Nya nyata dan begitu dekat”

“Seiring kumandang takbir di segala penjuru bumi, kita kembali kepada-Nya dalam keadaan suci. Mari mulai lembaran kertas kosong ini dengan niat tulus ikhlas dan rencana-rencana amal kebaikan yang lebih baik. Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk semua umat muslim di seluruh dunia!”

“Iman membuat segalanya menjadi mungkin. Harapan membuat semuanya terjadi. Cinta menjadikan segala hal indah. Semoga semua orang turut merasakan ketiga hal tersebut pada hari nan suci ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri!”

“Tidak ada manusia yang tidak pernah bersalah dan berdosa di dunia ini. Sebaliknya tak ada juga orang yang benar-benar suci di dunia ini. Oleh karena itu, izinkanlah aku meminta maaf atas segala salah dan dosa yang telah membuatku hina. Happy Eid Mubarak all!”

“Selamat Hari Raya Idul Fitri!  Malam hingga pagi takbir menggema di seluruh penjuru dunia. Allahu Akbar. Allahu Akbar walillahilhamd. Selamat datang hati yang suci, jiwa yang damai, bibir penuh senyuman. Kasih dan cinta Allah hari ini melingkupi segala makhluk, seluruh dunia dan alam semesta. Jangan pernah ragu akan ampunan-Nya yang luas serta kasih sayangNya yang tak pernah menuntut balas”


Kumpulan ucapan, kata-kata bijak atau kata-kata mutiara tersebut di atas dapat dibagikan serta dijadikan status di media-media sosial Anda seperti twitter, facebook, line, atau caption instagram yang ditujukan kepada semua orang yang Anda kenal di dunia maya. Mereka pun layak dan harus diberi ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri agar merasakan juga suasana hari yang khidmat dan suci.

Selain itu, Anda juga bisa mengunakan ucapan tersebut kepada teman-teman, rekan kerja, sahabat, serta orang-orang yang Anda kenal yang jaraknya sangat jauh dari Anda. Manfaatkan kecanggihan zaman sekarang ini dengan berusaha mendekatkan yang jauh agar proses silaturrahmi pun dapat berjalan lancar dan mudah. Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk semua!

0 Response to "Kumpulan Ucapan Lebaran Idul Fitri 2019/2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel