Kumpulan Ucapan Peringatan Hari Pahlawan 2019/2020

Kumpulan Ucapan Hari Pahlawan 2019/2020 - Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya merupakan pertempuran terbesar yang pernah terjadi dalam melawan penjajah setelah bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Saat itu, para tentara, rakyat dan milisi Indonesia yang pro akan kemerdekaan berperang melawan tentara Belanda dan Britania Raya demi mempertahankan Indonesia yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.

Pada masa Revolusi Nasional Indonesia itu sendiri, dibuat sebuah perbatasan buatan yang memisahkan wilayah Belanda dan Indonesia yang dikenal sebagai Garis Status Quo (Garis Van Mook) oleh Hubertus van Mook. Perbatasan ini diciptakan setelah selesainya Perjanjian Renville pada bulan Januari 1948 yang mengakhiri Agresi Militer Belanda I.



Dahsyatnya pertempuran 10 November atau pertempuran Surabaya dilihat dari banyaknya korban jiwa yang gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia saat itu. Demi mengenang peristiwa heroik tersebut, bangsa Indonesia menjadikan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan. Agenda ini selalu dirayakan setiap tahunnya sehingga sudah menjadi agenda nasional yang wajib diperingati baik di dalam maupun luar negeri.

Peringatan Hari Pahlawan ini merupakan salah satu bentuk penghargaan dan penghormatan akan jasa-jasa serta perjuangan para pejuang dan pahlawan bangsa yang gugur saat itu. Dengan memperingati Hari Pahlawan, diharapkan masyarakat dapat mengerti dan memahami makna yang terkandung dalam peristiwa tersebut. Tak hanya itu, masyarakat juga diharapkan dapat mengimplementasikan nilai-nilai luhur serta semangat yang diajarkan para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Jika setiap kalangan dari segala komponen bangsa memiliki kesadaran bernegara dengan menghargai jasa para pahlawan maka apapun ancaman serta gangguan yang datang untuk mengancam keutuhan NKRI akan bisa diatasi dengan persatuan dan kesatuan segala lapisan. Tentu saja semangat serta nilai-nilai kepahlawanan ini sangatlah relevan untuk dianut dan ditumbuhkembangkan di tengah-tengah rendahnya toleransi serta sikap saling menghormati dan menghargai antar elemen bangsa saat ini. Berikut beberapa contoh quote Hari Pahlawan yang bisa diucapkan kepada orang lain dalam rangka memperingati serta mengenang jasa para pahlawan.


“Perjuangan tak hanya pada saat 10 November dan mengenangnya, namun perjuangan adalah sesuatu yang tertanam dalam diri Anda setiap saat. Itulah sebenarnya hakikat Hari Pahlawan. Jadi, Selamat Merayakan Hari Pahlawan. Semoga semangat juang para pahlawan tetap teringat dan menjadi motivasi bagi kita sekalian”

“Mari bersama-sama membangun Indonesia tercinta sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang mulia. Selamat Hari Pahlawan untuk semua“

“Darah para pejuang dan pahlawan adalah benih sesungguhnya dari pohon kemerdekaan. Saya mengucapkan Selamat Hari Pahlawan untuk semua etnik, suku, agama dan golongan di Indonesia dimanapun mereka berada”

“Ketika seorang pemberani memiliki tekad, maka tak ada siapapun dan stau negarapun yang mampu menghentikannya. Seperti itulah keberanian yang dimiliki serta ditularkan oleh para pahlawan. Selamat Hari Pahlawan untuk semua!”

“Untuk mengawali perubahan, tindakan patriot adalah langkah paling berani, langka dan dibenci dari seorang yang patriot. Namun ketika perjuangannya berhasil, seluruh doa dipanjatkan atas perjuangannya. Selamat Hari Pahlawan”

“Nasionalisme kita bukan nasionalisme tempe yang akan hancur bila diinjak-injak. Nasionalisme kita adalah sesuatu yang sudah lama tertanam dalam sanubari kita. Selamat Hari Pahlawan untuk seluruh elemen bangsa “

“Seorang pahlawan adalah seseorang yang telah serta rela memberikan hidupnya kepada sesuatu yang lebih besar daripada dirinya sendiri. Dan itulah seorang pejuang yang sejati. Selamat Hari Pahlawan bagi Anda para pejuang sejati dalam hidup dan kehidupan”

“Keberanian bukan hanya dari kaki dan tangan, melainkan dari hati dan jiwa. Selamat Hari Pahlawan Nasional“

“Meneruskan cita-cita para pahlawan dan pejuang masa lampau adalah tugas kita sebagai penerus bangsa untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang kuat dan disegani di mata dunia. Selamat Hari Pahlawan”

“Berani menjaga serta mempertahankan NKRI merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan akan jasa luhur para pahlawan. Selamat memperingati Hari Pahlawan”

“Jangan tanyakan apa yang bisa negara ini lakukan untuk Anda, namun tanyakan apa yang dapat Anda lakukan untuk negara. Itulah jiwa pahlawan sejati. Selamat Hari Pahlawan”

“Patriotisme sejati, modern dan rasional adalah kesetiaan kepada bangsa dan Negara sepanjang hayat. Saya mengucapkan Selamat Hari Pahlawan Nasional”

“Untuk menjadi seorang pahlawan, kita tidak perlu mengangkat senjata yang tajam. Ada banyak catra yang bisa digunakan untuk menjadi seorang pahlawan bagi Negara. Anda hanya perlu memberikan semua karya terbaik yang Anda punya. Bukalah hati Anda menjadi lebh peka dalam membangun diri sendiri serta menyikapi peradaban yang semakin maju. Selamat Hari Pahlawan buat seluruh masyarakat Indonesia”

“Sejarah bukan hanya sekedar kata-kata namun bahu-membahu berjuang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Orang baik dan bijak serta pemberani telah berbaring di jalur sejarah. Mereka-lah para pahlawan kita. Selamat Hari Pahlawan Nasional, Indonesia!”


Selain beberapa ucapan selamat tentang Hari Pahlawan yang bisa diberikan dan diucapkan kepada orang-orang yang Anda kenal, beberapa kata bijak para pahlawan nasional juga bisa dijadikan sebagai quote ucapan, peringatan serta perenungan akan pentingnya mengingat kontribusi mereka dalam kemerdekaan bangsa. 


Kata-kata bijak tentang kemerdekaan, nasionalisme dan cinta tanah air

1. Soekarno

“Bangsa yang besar itu bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”

“Kemerdekaan hanyalah bisa didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad merdeka. Merdeka atau mati”

“Kita bangsa yang cinta damai, namun lebih cinta akan kemerdekaan”

“Keberanian adalah sebuah jembatan emas. Jembatan inilah yang akan leluasa menyusun masyarakat Indonesia merdeka yang gagah, sehat, kuat, kekal dan abadi”

“Jangan sekali-kali melupakan sejarah”

“Janganlah kita lupa demi tujuan kita bahwa para pemimpin itu berasal dari rakyat dan bukan berada di atas rakyat”

2. Bung Tomo

“Kita tunjukkan kepada dunia bahwa kita benar-benar orang yang ingin merdeka. Lebih baik kita menjadi hancur lebur daripada kita tidak merdeka”

3. Prof. Mohammad Yamin

“Cita-cita persatuan Indonesia itu bukanlah omong kosong, namun benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul akan sejarah bangsa kita sendiri”

4. Mohammad Hatta

“Pahlawan yang setia itu adalah yang berkorban. Bukan buat dikenal dan dikenal namanya, melainkan semata-mata demi membela cita-cita”

5. Pattimura

“Berunding dengan pengisap darah rakyat adalah berarti menyerah”

6. Jenderal Soedirman

“Robek-robeklah tubuhku, potong-potonglah jasad ini, namun jiwaku akan tetap dilindungi oleh benteng merah putih. Akan tetap hidup dan menuntut bela siapapun lawan yang aku hadapi”

7. Sutan Syahrir

“Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dapat dimenangkan”

“Kemerdekaan nasional bukanlah pencapaian akhir, namun rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya”



Kata-kata bijak tentang kebijaksanaan hidup dan kehidupan

1. Soekarno

“Apabila seseorang masih memiliki rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”

2. Mohammad Hatta

“Keberanian bukanlah berarti tidak takut, namun keberanian berarti menaklukkan ketakutan itu sendiri”

“Tak ada harta pusaka yang harganya sama dengan kejujuran”

“Kita tidak pernah bisa berkorban besar bagi mereka yang bersedia mengorbankan segalanya bagi kita”

3. Bung Tomo

“Rawe-rawe rantas, malang-malang putung. Artinya, barang siapa yang menghalangi dalam menegakkan kebaikan maka pastilah akan menemui masalah”

4. Jenderal Sudirman

“Kebebasan berarti bebas melakukan semua kebaikan, namun bukan bebas lepas melakukan semua kejahatan tanpa boleh diadili”

“Kejahatan akan bisa menang bila orang yang benarpun tidak melakukan apa-apa”

“Tak ada yang lebih kuat daripada kelembutan dan tidak ada yang lebih lembut dari kekuatan selain daripada kekuatan yang tenang”

5. Cut Nyak Dien

“Tidak ada kemarahan yang begitu berpengaruh seperti pengaruh dari suatu teladan yang baik”

“Kita tidak akan pernah menang bila kita masih terus mengingat semua kekalahan”

“Saat terbaik untuk membuktikan bahwa kita adalah pemenang yaitu ketika kita nampak kalah”

6. Sri Sultan Hamengku Buwono VIII

“Kemurnian di dalam hati menghasilkan kekuatan dalam kehidupan”

“Membalas akan membuatmu sejajar dengan musuhmu, namun mengampuninya akan menempatkanmu di atas musuhmu”


Beberapa contoh quote ucapan selamat hari pahlawan serta kata-kata bijak dari para pahlawan nasional di atas dapat dijadikan renungan serta peringatan bagi diri sendiri serta orang-orang di sekitar Anda akan pentingnya mencintai serta berkontribusi bagi negara. Hal itu juga sama seperti yang dilakukan oleh para pahlawan terdahulu yang mencintai Indonesia setulus hati mereka.

Jadikan quote dan kata-kata bijak tersebut sebagai renungan serta pengingat untuk lebih menghargai dan menghormati orang lain sesama warga Indonesia agar tidak terjadi perpecahan yang berakibat mengancam keutuhan dan keamanan NKRI.

0 Response to "Kumpulan Ucapan Peringatan Hari Pahlawan 2019/2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel